Loading...
Jumat, 04 Januari 2013

Teknologi Membantu Kita



   Sekarang ini kita sudah memasuki era globalisasi, zaman dimana serba canggih, serba cepat, dan instan.  Zamannya teknologi yang sudah semakin maju dan semakin berkembang pesat ini hampir semua orang dengan segala bidang kehidupannya mau tidak mau harus mengikuti perkembangan modern yang sekarang telah kita rasakan ini. Itupun apabila ingin tetap bertahan dalam kehidupan yang semakin bersaing dengan segala fasilitas kemudahan akibat perkembangan dan kemajuan teknologi. Sekilas mungkin orang berfikir itu hanya untuk orang-orang modern saja, yang intelek dan yang sekolahnya tinggi, tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Mungkin anak kecil yang baru sekolah di sekolah dasar (SD) saja sudah dikenalkan dengan teknologi modren contohnya handphone.

   Kebanyakan anak-anak sekolah pada zaman ini umumnya sudah mengetahui teknologi komputer, dan bahkan mereka sudah sangat terbiasa menggunakannya.  Tidak hanya di kalangan mahasiswa, siswa sekolah menengah atas (SMA) atau tingat pertama (SMP) saja, siswa-siswi tingat dasar pun sudah sangat familiar dengan yang namanya teknologi komputer. Bahkan anak-anak yang baru sekolah di TK pun tidak sedikit yang sudah mengenalnya, dan bisa menggunakannya.

   Pemerintah pun sangat berperan aktif dan sangat kondusif mendorong kemajuan teknologi ini untuk digunakan pula di lingkungan sekolah-sekolah (formal).  Sekarang ini bantuan pemerintah ke sekolah-sekolah juga termasuk bantuan teknologi di samping yang umum seperti bantuan untuk pembangunan, operasional, atau yang lainnya.

   Di samping berupa buku-buku pelajaran atau buku bacaan lainnya yang mendidik, sekolah-sekolah sekarang ini banyak yang sudah mendapatkan bantuan berupa unit-unit komputer.  Satu sekolah ada yang bisa mendapatkan 10 unit komputer, bahkan mungkin ada yang lebih tergantung dari kebutuhan sekolah tersebut.

   Di tingkat sekolah dasarpun, hal tersebut sudah berjalan.  Tentu saja, bantuan pemerintah tersebut akan sangat bermanfaat dan efektif bila diiringi dengan tersedianya SDM (Sumber Daya Manusia) nya yang memadai dan mumpuni.  Jangan sampai komputer-komputer tersebut hanya menjadi ‘pajangan’ atau ajang bermain ‘game’ di sekolah.  Maka dari itu sangat diperlukan pula para pengajar/guru yang sesuai dengan teknologi itu. Yaitu guru komputer atau TIK yang bisa mentransfer dan menyampaikan ilmu dan keahliannya di bidang komputer kepada anak-anak didiknya.

   Dengan adanya pelajaran komputer/TIK di sekolah-sekolah generasi sekarang ini diharapkan akan mampu menghadapi tantangan di zaman ini atau jangan sampai ‘Gap-Tek’ (Gagap Teknologi).  Tentu saja, Teknologi komputer itu sangat bermanfaat dalam meningkatkan pendidikan.  Karena bangsa Indonesia ini pula jangan sampai tertinggal oleh bangsa-bangsa lain di dunia.  Kita harus tetap bijak dan selektif dalam menggunakan dan memanfaatkan berbagai hal, termasuk dalam menggunakan teknologi komputer.  Karena apabila sudah berbicara tentang internet, semua yang ada di dunia bisa langsung diketahui dengan sangat mudah dan sangat cepat.  Sedangkan tidak semua informasi yang ada di internet itu bermanfaat, namun ada pula yang tidak bermanfaat bahkan menyesatkan. Tetapi untuk menghindari hal yang menyesatkan itu, kita harus lebih hati-hati dan tidak mudah tergoda agar kita tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif itu.

   Kemudian selain itu, sekarang ini juga banyak mahasiswa-mahasiswi maupun siswa-siswi SMA/SMK atau yang sederajat telah berhasil menciptakan karya teknologinya sendiri, baik berupa program komputer hingga otomotif. Salah satu contoh program komputer yang mereka ciptakan adalah berupa aplikasi/software, game, animasi, blog, wesite, antivirus maupun program komputer lainnya. Sedangkan dalam hal otomotif mereka berhasil menciptakan sebuah mobil mini maupun mobil standar rakitannya sendiri karya anak bangsa yang menjadi sebuah kebanggaan negara. Hal itu dapat terjadi karena mereka mempunyai keinginan yang kuat untuk menciptakan sesuatu yang dapat menbanggakan negaranya dan memanfaatkan teknologi yang semakin modern ini sebagai unsur utamanya. Dan itupun dapat kita tiru dan kita pelajari agar kita juga bisa seperti mereka, sukses dan membanggakan bangsa dan negara. Dan ingat keinginan yang kuatlah yang dapat mewujudkan kita agar bisa seperti mereka.

0 komentar:

BANNER IT FESTIVAL 2013

Blog Competition

KATA-KATA MOTIVASI

KATA-KATA MOTIVASI





PENCARIAN