Loading...
Kamis, 03 Januari 2013

Peran Dan Manfaat Teknologi



   Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat tennologi dalam proses pembelajaran disekolah maupun di tempat lainnya, perlu kiranya kita ketahui dahulu apa sebetulnya yang dimaksud dengan teknologi. Secara umum, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Berarti pula, teknologi mengandung arti adanya proses yang meningkatkan nilai tambah. Teknologi ada di berbagai bidang kehidupan, misalnya teknologi pertanian, teknologi peternakan, industri, kedokteran, transformasi, teknologi informasi dan komunikasi, dan sebagainya.

   Penggunaan teknologi pada mulanya diawali dengan alat-alat sederhana yang dibuat oleh manusia pada jaman dahulu. Contohnya saja pada teknologi otomotif, mungkin roda saat ini dianggap oleh manusia hanya biasa saja. Namun pada jaman dahulu teknologi tersebut adalah teknologi paling inovatif, karena roda sangat membantu manusia untuk perjalanan.

   Semakin hari teknologi semakin bertambah maju, dan tentu saja sangat berperan dalam berbagai bidang kehidupan, karena memang pada dasarnya manusia menciptakan dan terus memeperbaharui teknologi adalah dengan tujuan untuk kenyamanan dan semakin memudahkan segala keperluan hidup manusia.

   Begitu pula dalam hal upaya meningkatkan pendidikan bangsa, teknologi sangat besar sekali berperan, terutama adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yaitu misalnya dengan penggunaan komputer atau laptop. Pada era sekarang ini, di sekolah-sekolah para pengajar (guru) dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi, karena sekarang ini proses belajar mengajar pun sudah banyak menggunakan teknologi komputer. Bahkan di sekolah-sekolah mulai setingkat SMP pelajaran TIK sudah masuk dalam salah satu mata pelajaran.

   Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi itu, para siswa bisa belajar lebih banyak, dan lebih cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Karena memang era ini adalah era percepatan, sehingga pendidikan bangsa kita pun jangan sampai ketinggalan oleh pendidikan di bangsa-bangsa lain di dunia.

   Untuk sekolah kejuruan pun, misalnya SMK, teknologi sangat besar dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan pendidikan dan mempermudah proses belajar. Contohnya di SMK di jurusan Teknologi Pangan, para siswa bisa langsung mempraktekan teori yang sudah didapatnya di kelas. Misalnya membuat roti, tempe, tahu, mochi, dan lain-lain tentu saja dengan bantuan teknologi yang sesuai dengan bidang tersebut.

   Jadi sudah jelas bahwa teknologi memang sangat diperlukan dan sangat berperan dalam upaya meningkatkan pendidikan di negara ini, meskipun memang ada pula hal-hal negatif terutama dalam hal informasi kebudayaa dan kebiasaan yang banyak berdatangan dari luar, dan tentu saja kita harus selektif memilih informasi mana yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat, yang tidak bermanfaat dan malahan bisa merusak tentu saja jangan sampai kita ambil, bahkan harus kita jauhi sejauh-jauhnya.
 

0 komentar:

BANNER IT FESTIVAL 2013

Blog Competition

KATA-KATA MOTIVASI

KATA-KATA MOTIVASI





PENCARIAN