Loading...
Minggu, 06 Januari 2013

Media Pembelajaran Online




   Belajar adalah proses atau usaha seseorang untuk mengetahui apa yang belum diketahuinya agar menjadi tahu dan bisa. Belajar juga merupakan hal yang tidak asing bagi semua orang yang ada dimuka bumi ini. Dengan belajar kita dapat memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Dan dengan Ilmu yang kita perolehpun kita dapat mengamanahkannya men- yampaikannya kepada orang lain agar ilmu tersebut dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

   Belajar dapat dilakukan dengan banyak cara contohnya seperti membaca buku, memahami seseorang yang sedang menerangkan, melatih kemampuan berfikir kita dengan cara mengisi soal-soal tertentu, dll. Dengan belajarpun kita dapat mengasah dan mempertajam kemampuan mengingat sekaligus kemampuan berfikir kita. Oleh karena itu perbanyaklah belajar agar kita menjadi orang yang pintar dan bermanfaat bagi semua orang serta dapat membanggakan bangsa dan negara dengan mengikuti perlombaan-perlombaan tertentu dan memenangkannya.

   Selain kita dapat belajar dengan membaca buku dan yang lainnya, mengingat bahwa sekarang adalah zaman yang semakin canggih dan modern alangkah baiknya kita manfaatkan teknologi yang semakin modern ini sebagai sumber pembelajaran kita. Karena belajar tidak hanya bersumber dari buku atau penjelasan guru saja, dengan internetpun kita dapat memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat secara online (terhubung dengan internet).

   Salah satu fungsi Internet adalah sebagai sumber informasi dan media pembelajaran online. Nah... dari situ pula kita dapat mengetahui bahwa internetpun dapat dipergunakaan sebagai media pembelajaran online. Dan demikian kita dapat belajar dengan banyak sumber yang berbeda salah satunya adalah belajar melalui internet.

   Dengan adanya internet kita dapat belajar dan mengajar tentang apa saja yang ingin kita pelajari atau ingin kita ajarkan. Sebagai contohnya apabila kita ingin mengetahui lebih luas tentang “Sejarah terciptanya komputer”, kita hanya tinggal membuka internet dan informasi yang ingin kita ketahuipun dapat diperoleh secara cepat melalui internet. Selain itu apabila kita ingin berbagi ilmu kedalam internet tepatnya ilmu yang bermanfaat, kita hanya tinggal membuat sebuah artikel tentang apa yang kita ingin informasikan didalam sebuah blog atau website yang kita punya. Dan dengan cara itu, orang lain yang berkunjung ke blog/website kita dapat membaca dan mempelajari artikel yang sudah kita buat.

   Kemudian dengan hadirnya internet sebagai salah satu teknologi modern yang sering digunakan banyak orang ini, kita dapat memanfaatkannya kedalam hal-hal yang bermanfaat dan positif pula, contohnya memanfaatkan internet untuk meningkatkan pendidikan bangsa agar lebih berkembang dan maju. Dan dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu membuat kelompok belajar di Internet.

   Dengan cara ini kita dapat memanfaatkan sebuah forum (sarana komunikasi di internet) yang berisikan tentang teknologi pendidikan sebagai tempat belajar/diskusi kita untuk saling berbagi informasi dan bertukar pendapat. Selain itu kita juga dapat memberi solusi, saran serta masukan kepada teman diskusi kita yang bertujuan membuat bangsa kita agar lebih berkembang dan maju lagi. Dengan demikian internet dapat bermanfaat dan berguna bagi kita sebagai media pembelajaran online yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan bangsa dan negara.

0 komentar:

BANNER IT FESTIVAL 2013

Blog Competition

KATA-KATA MOTIVASI

KATA-KATA MOTIVASI





PENCARIAN