Loading...
Senin, 07 Januari 2013

Belajar Secara Otodidak



   Otodidak berasal dari bahasa Yunani yaitu autodídaktos yang artinya belajar sendiri. Kegiatan ini merupakan usaha seseorang tanpa bantuan pembimbing/guru yang bertujuan agar dapat mengetahui apa yang ingin diketahuinya. Dengan cara belajar otodidak ini kita dapat lebih mandiri untuk mendapatkan dan mencari lebih dalam lagi tentang ilmu bermanfaat yang ingin kita ketahui. Biasanya otodidak dilakukan oleh seorang yang ingin mengetahui lebih luas apa yang ingin diketahuinya dengan cara terus menerus berusaha mencari berbagai sumber informasi baik itu hanya membaca dalam buku maupun dengan cara menjelajah di internet. 
 
   Kegiatan otodidak ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja asalkan ada kemauan dan keinginan dalam diri kita untuk belajar sendiri. Biasanya hasil belajar otodidakpun lebih memuaskan dari pada hasil belajar yang didapat dari penjelasan guru. Karena belajar otodidak memiliki kepuasan tertentu setelah berhasil mempelajari apa yang ingin dipelajarinya. Dengan demikian kita harus membiasakan belajar secara otodidak agar kita menjadi orang yang pintar dan sukses tanpa bantuan seorang guru. 
 
   Tetapi peran guru dalam proses mengajar juga harus tetap kita ikuti karena dibandingkan dengan belajar sendiri, mungkin berkat adanya guru kita lebih mendapat berbagai bimbingan, masukan serta dorongan kepada kita agar lebih semangat dalam belajar. Sehingga dapat membuat kita menjadi orang yang berhasil dan membanggakan kedua orangtuanya. Selain itu niat yang baik dan terus berusaha serta bertawakal dapat membuat kita lebih semangat dan semangat belajar lagi. Hal ini harus ditanamkan pula dalam diri kita agar kitapun bisa menjadi orang yang berhasil. 
 
   Kembali ke topik pembicaraan. Belajar secara otodidak dapat dilakukan salah satunya dengan mencari sumber informasi di internet. Dengan memanfaatkan internet, kita dapat lebih luas dan leluasa untuk menggali lebih dalam lagi tentang ilmu yang ingin kita pelajari. Sebagai contohnya, apabila kita ingin belajar membuat blog, kita tidak usah repot-repot membeli buku panduan membuat blog atau mencari guru yang ahli dalam teknologi. Alangkah baiknnya apabila kita bisa menggunakan internet, kitapun harus bisa memanfaatkan internet itu untuk membantu kita dalam berbagai hal, salah satunya tadi membantu kita dalam membuat blog. Dengan demikian informasi yang ada dalam internet sangat bermanfaat bagi kita dalam banyak hal.
 
   Selain itu apabila kita mempunyai bakat tertentu, kita dapat mengembangkan bakat kita itu dengan belajar secara otodidak maupun belajar dengan pembimbing. Karena dengan terus belajar kita akan lebih luas lagi mengetahui ilmu yang kita pelajari. Disamping itu pula kita kembali dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Bahkan Seorang “Mark Zuckerberg” pun berhasil mencipatakan sebuah Facebook karena dengan cara belajarnya yang secara otodidak. Facebook yang sekarang merupakan salah satu website chatting terpopuler dunia ini berawal dari jejaringan sosial para siswa harvard, dan terus dikembangkan ke kampus-kampus sekitarnya yang akhirnya facebook pun berhasil mendunia. Dan berkat itu Mark Zuckerberg pun sekarang menjadi seorang yang berhasil dan sukses dibidangnya sebagai seorang programmer dan kontraktor internet.
 
   Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa salah satu cara seseorang agar berhasil dan sukses dapat diwujudkan dengan cara belajar secara otodidak dengan memanfaatkan teknologi-teknologi sekarang yang semakin canggih dan modern. Dengan demikian kitapun dapat berhasil dan sukses seperti Mark Zuckerberg apabila kita terus berusaha belajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
 
Belajarku pun Secara Otodidak
 
   Kegiatan belajar otodidakpun sudah menjadi kebiasaanku selama 3 tahun kebelakang ini. Jenis belajar otodidak yang sering aku lakukan adalah belajar dalam hal mengetahui lebih luas tentang teknologi komputer. Awalnya pada saat aku memiliki sebuah komputer aku hanya bisa mengetik dan bermain game saja. Tetapi sesudah aku menginjak kelas 1 SMP aku mulai belajar lebih luas lagi tentang komputer. Banyak cara yang aku lakukan untuk berlajar sendiri tentang komputer, contohnya membaca buku seputar teknologi informasi dan komunikasi, menjelajah melalui internet, mencari informasi tentang komputer di majalah-majalah, dll. 
 
   Kegiatan otodidak yang aku lakukan ini awalnya bermula ketika aku sedang menonton animasi dan bermain game. Pada saat itu aku berfikir “bagaimana cara membuat animasi dan game itu?” dan dari situ pula aku mulai mencari berbagai informasi tentang proses pembuatan animasi dan game. Tidak lama kemudian aku mendapatkan informasi tersebut dan mulai mempraktikannya. Dan hasilnya memang tidak terlalu bagus dan masih sangat sederhana, tetapi karena itu hasil karyaku sendiri maka aku pun sangat bangga akan hal itu. 
 
   Selain aku belajar sendiri tentang membuat animasi dan game, akupun mulai belajar lagi tentang proses pembuatan blog. Awalnya memang ribet dan agak susah, tetapi lama-kelamaan hal yang susah itu menjadi mudah apabila dalam diri kita ada keinginan untuk bisa dan bisa. Setelah aku mulai bisa membuat blog, aku mulai mencari tema blognya (template). Akupun mencari tema blog kesana-sini yang pada akhirnya aku mendapatkan tema blog yang aku inginkan dan menerapkannya pada blogku sendiri. Tetapi dengan rasa penasaran yang sangat tinggi tentang “bagaimana cara membuat tema (template) blog itu?”, aku mulai menjelajah dan mencari informasi lagi. Akhirnya dengan informasi yang didapatkan aku mulai bisa membuat tema dan mendesain blogku sendiri. Dan itu menjadi sebuah kebanggaan dalam diriku karena itu hasil karyaku sendiri. 
 
   Nah... dari sedikit ceritaku tentang proses belajar otodidak diatas aku harap dapat bermanfaat bagi kita semua dalam hal memanfaatkan teknologi untuk meningkatkat pendidikan bangsa, karena ilmu itu tidak hanya didapatkan dari guru dan orang tua saja, tetapi dengan keinginan kita yang kuat untuk belajar sendiri maka akan menghasilkan suatu yang membanggakan pula. Jadi dari itu semua dapat disimpulkan bahwa belajar itu dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya belajar sendiri (otodidak) dengan memanfaatkan teknologi yang semakin modern ini pula.


Kunjungi blog yang berisikan tentang beberapa hasil karya saya di:


Terimakasih...

2 komentar:

andilewichan mengatakan...

sip dah saya juga sedang belajar ni tentang ilmu komputer secara otodidak.

Unknown mengatakan...

Gàn mohon ijin untuk download gambarnya..
Untuk profil chanel youtube..
Otodidak study

BANNER IT FESTIVAL 2013

Blog Competition

KATA-KATA MOTIVASI

KATA-KATA MOTIVASI





PENCARIAN